• Memberikan pelayanan yang cepat dan informasi yang akurat
    Memberikan pelayanan yang cepat dan informasi yang akurat
  • Tahapan Persidangan
    Tahapan Persidangan
  • Kota Pangkalpinang
    Kota Pangkalpinang

    Pangkalpinang, Pintu Gerbang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
    Pangkalpinang, Gateway Province of Bangka Belitung Islands  

  • Toleransi Beragama
    Toleransi Beragama

    Bersatu Dalam Keragaman Tradisi, Budaya dan Agama
    United In Diversity of Tradition, Culture and Religion

  • Nganggung
    Nganggung

    Kebersamaan Dalam Tradisi Nganggung
    Unity in Nganggung Tradition

  • Rumah Panggung
    Rumah Panggung

    Galeri Rumah Tradisional Masyarakat Bangka
    Traditional House of Peoples Bangka

  • Tarian Budaya
    Tarian Budaya

    Tari Tradisional di Kota Pangkalpinang
    Traditional Dance in Pangkalpinang

  • Pangkalpinang Malam
    Pangkalpinang Malam

    Suasana Malam Kota Pangkalpinang, Tenang dan Menyenangkan
    Atmosphere Night in Pangkalpinang City, Quiet and Fun

  • Sejarah Timah
    Sejarah Timah

    Museum Timah,sejarah perekonomian Kota Pangkalpinang
    Tin Museum, economic history of Pangkalpinang city

 
Indonesian Arabic Chinese (Traditional) Dutch English French German Greek Japanese Portuguese Russian Spanish Turkish Ukrainian
Print
Published on 31 July 2017
Written by Administrator Hits: 2859

PELEPASAN JAMAAH HAJI

Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syarikalaka labbaik, Innalhamda wan nikmata laka wal mulk, laa syarikalak..

Aku memenuhi panggilanMu Ya Allah, aku memenuhi panggilanMu Ya Allah. Aku memenuhi panggilanMu tiada sekutu bagiMu aku memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya pujian dan nikmat adalah milikMu begitu juga kerajaan tiada sekutu bagiMu.

Sehubungan dengan keberangkatan dua orang jamaah haji dari Pengadilan Agama Pangkalpinang, Bapak Thamrin, S. Ag dan Ibu Helmawati, S. Ag, pada hari Jum’at sore tanggal 28 Juli 2017 bertepatan tanggal 04 Dzulkaidah 1438 H Pengadilan Agama Pangkalpinang diadakan acara pelepasan jamaah haji untuk kedua orang pegawai tersebut. Pelepasan Jamaah Haji ini diikuti oleh segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Pangkalpinang, bertempat di Ruang Pertemuan Pengadilan Agama Pangkalpinang, acara dimulai dari pukul 14.00 WIB s.d 16.00 WIB.

 

Acara dibuka dengan bacaan Basmalah oleh Ibu Yurika Herlin, S.E., M.H., selaku Pembawa Acara, dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Ketua Pengadilan Agama Pangkalpinang, Bapak H. Efrizal, S.H., M.H., Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada kedua orang jamaah haji, dengan bertambahnya kuota keberangkatan haji tahun 2017 maka jamaah yang jadwalnya berangkat tahun 2018 bisa dipercepat 1 tahun, sehingga bisa berangkat di tahun 2017. Dalam kesempatan itu juga Bapak Ketua menyampaikan bahwa beliau atas nama seluruh pegawai Pengadilan Agama Pangkalpinang melepas jamaah haji dengan hati yang suci dan ikhlas, semoga perjalanan ibadah haji keduanya dilancarkan, diberi kesehatan, selamat dalam perjalanan pergi ke tanah suci dan kembali dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapatkan haji yang mabrur.

Selanjutnya acara ini diisi dengan tausiah pengantar haji yang disampaikan oleh Bapak Hakim Pengadilan Agama Pangkalpinang, Bapak Drs. H. Husin. Dalam penyampaiannya beliau begitu bersemangat. Diawal tausiahnya beliau menyampaikan bahwa seluruh umat manusia sebenarnya sudah dipanggil oleh Nabi Ibrahim as, jadi tidak ada alasan jika ada orang yang belum menunaikan ibadah haji dengan alasan belum ada panggilan. Dalam penjelasannya Beliau menyampaikan Ibadah haji adalah Ibadah hati dan fisik, dimana dalam perjalanan haji ini kita harus berserah diri dan tawakal dan mempersiapkan fisik supaya kuat dalam menjalankan ibadah karena cuaca di Arab Saudi sangat jauh berbeda dengan cuaca di Indonesia, dimana panasnya bisa mencapai 50 derajat celcius, terlebih ditahun 2017 ini ada penambahan kuota sehingga jumlah jamaah menjadi lebih banyak dari tahun sebelumnya. Istimewanya tahun 2017 ini merupakan Haji Akbar. Selanjutnya Bapak Penceramah juga menyampaikan beberapa tips dalam menjalankan ibadah haji berdasarkan pengalaman beliau yang mana beliau baru menunaikan ibadah haji tahun 2016 kemarin, perbanyak sholawat, dzikir dan doa, kunci kemudahan dalam menjalankan ibadah adalah mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Dan akhirnya tausiah di akhiri dengan pembacaan doa untuk kedua jamaah yang akan berangkat, semoga menjadi haji yang mabrur.

Acara selanjutnya kata kata pamit dari jamaah haji yang akan berangkat, keduanya menyampaikan ucapan terima kasih, penghargaan dan permintaan maaf kepada segenap pegawai Pengadilan Agama Pangkalpinang, dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari Pengadilan Agama Pangkalpinang kepada Bapak Thamrin, S, Ag dan Ibu Helmawati, S.Ag.

Dan akhirnya acara pelepasan haji ini ditutup dengan bersalaman saling memaafkan, semoga yang berangkat mendapatkan haji yang Mabrur, dan yang belum segera menyusul di tahun tahun yang akan datang, Aamiiin…

Joomla Themes designed by Web Hosting Top