Sejarah Pengadilan

Sejarah Berdirinya
Pengadilan Agama Pangkalpinang

A. Sejarah Berdirinya Pengadilan Agama Pangkalpinang
 

Pengadilan Agama Pangkalpinang dibentuk bedasarkan penetapan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 1957 tanggal 13 November 1957, tentang pembentukan Pengadilan Agama/ Mahkamah Syar’iah di Sumatera. Menteri Agama pada saat itu, menunjuk K.H. Abdullah Addari sebagai Ketua Pengadilan Agama/ Mahkamah Syar’iahnya.

Seperti halnya institusi lain, pada saat awal berdirinya, Pengadilan Agama Pangkalpinang belumlah disediakan gedung yang refresentatif sebagai sarana perkantoran, oleh karena itu gedung yang dipakai adalah gedung pinjaman yang kala itu bernama gedung bersama yang dahulu berada / beralamat di jalan tanah tinggi. Pada era sekitar tahun 1976 yang pada saat itu Drs. Sofwan Marzuki sebagai ketuanya barulah mendapat tanah pinjaman dari Pemerintah Daerah Pangkalpinang, dan akhirnya dibangunlah gedung permanen untuk kegiatan operasional dan persidangan. Gedung tersebut adalah gedung yang sekarang di tempati oleh Pengadilan Agama Pangkalpinang yang beralamat dahulu di Jalan Mayor Syafrie Rahman Km 3 Pangkalpinang, dan sekarang menjadi Jalan Soekarno Hatta Km 3 Nomor 1A Pangkalpinang.

Pada awal berdirinya, gedung Pengadilan Agama Pangkalpinang, sangat jauh dari ukuran memadi sebagaimana layaknya sebuah kantor Pemerintah. Setelah mengalami proses panjang dan beberapa generasi, akhirnya Pengadilan Agama Pangkalpinang dapat memiliki gedung yang cukup refresentatif yang saat ini berukuran 513 m2 dan mempunyai 2 (dua) lantai.